Review Acer Aspire 5 A515-45

Laptop 7 juta-an Untuk Main Valorant 100 FPS++

Kali ini kita akan bahas laptop dengan budget 7 juta-an yang mantep banget. Namanya adalah Acer Aspire 5 A515-45. Yuk, langsung kita kupas per bagiannya.

1.     Desain

Dari segi desain, Acer Aspire 5 sebetulnya ditargetkan untuk pekerja kantoran atau mahasiswa yang membutuhkan ukuran layar yang agak besar yang kegiatannya lebih banyak untuk menulis atau kegiatan office. Jadi, secara desain bisa dibilang laptop ini punya tampilan yang cukup basic.

Laptop ini berwarna silver, berbahan plastik, dengan finishing yang dibuat agar mirip seperti bahan metal. Acer juga memberikan list pada bagian kanan kiri yang sebetulnya merupakan bagian dari antenna WiFi, mereka meng-klaim dengan metode ini cakupan sinyal bisa lebih baik jadi 360 derajat alias minim intervensi.

2.     Ukuran

Ukurannya agak besar yaitu 15.6 inci dengan bobot 1.77 kg dan dimensi 36.3 x 25.5 x 1.795 cm. Cukup tipis dan cukup ringan untuk laptop ukuran 15 inci.

3.     Keyboard dan Touchpad

Dengan ukuran 15.6 inci, acer bisa memasukkan keyboard ukuran full-size pada Aspire 5. Ini akan sangat membantu buat yang terbiasa menggunakan numlock saat bermain angka. Sayangnya, keyboard belum dilengkapi dengan LED backlit.

Touchpad-nya cukup baik dan hampir mirip dengan seri Swift. Bukan touchpad murah yang berasa “kopong” ketika di klik.

4.     Port

Untuk laptop entry-level, laptop ini sudah sangat baik karena dilengkapi dengan USB 3.2 type A, selain itu juga ada USB type C, dan masih disediakan 1 USB 2.0. Tidak ada card reader tetapi tidak masalah karena laptop ini bukan ditujukan untuk video editor meskipun sebetulnya CPU yang digunakan cukup mendukung untuk melakukan kegiatan tersebut.

5.     Layar

Kenapa pada poin sebelumnya disebutkan bahwa laptop ini tidak ditujukan untuk video editor? Karena layarnya masih sangat sederhana, belum full HD dan masih menggunakan panel TFT alias sejenis panel TN sehingga titik piksel masih terlihat cukup besar. Nyamannya mungkin hanya dibuat untuk kegiatan seputar mengetik, tetapi sudah dilengkapi dengan comfy view.

6.     Fitur dan Utility

Karena laptop ini termasuk entry-level atau basic, jadi tidak ada software utilities untuk kita tuning, mengatur fan speed, atau profile power. Tetapi, Acer masih memberikan profile power di shortcut yang cukup tersembunyi, bisa tekan fn + F maka akan muncuk 3 pilihan: silent, normal, dan performance.

7.     Spesifikasi

Nah, bagian ini nih yang cukup menarik karena sudah menggunakan AMD Ryzen 5300u dengan integrated GPU Radeon Graphics 6cu di 1.5 GHz, RAM 8 GB DD4 3200 MHz, NVME SSD 128 GB, WiFi AC dengan Bluetooth 5, HD Webcam, dan Windows 10 sudah include di dalamnya.

Opsi upgrade-nya juga menarik karena RAM bisa ditambah 16 GB lagi menjadi total 24 GB dual channel. Untuk storage, bisa ganti ke kapasitas yang lebih besar jika dirasa 512 GB masih kurang atau bisa tambah SSD SATA lagi karena disediakan 1 slot kosong.

8.     Adapter

Sebetulnya power adapternya cukup kecil dayanya di 45 watt. Tetapi untuk watt segitu, ukuran kabelnya masih cukup tebal dan masih ada sambungannya.

9.     Baterai

Baterai laptop bisa tahan hingga 10 jam apabila menggunakan profile silent untuk kegiatan ringan.

10. Uji Gaming

Meskipun target laptop ini bukan untuk gamers yang biasa main game serius, tetapi setelah dicoba game Valoran misalnya, setelah upgrade menjadi dual channel bisa didapatkan frame rate lebih dari 100 fps. Untuk game DOTA2, dan dual channel tentunya, didapatkan frame rate 127 fps.